Talking BTS Popularity Then and Now





 BTS atau Bangtan Boys atau Bangtan Sonyeondan atau Bulletproof Boy Scouts adalah salah satu boyband Korea Selatan yang saat ini tengah populer di kalangan penggemar K-Pop. Beberapa saat lalu situs reddit membuat diskusi online mengenai kemampuan BTS untuk terkenal secara international. Diskusi tersebut terbuka untuk semua kalangan netizen baik dari fandom BTS (ARMY) maupun non-fandom, bahkan non K-popers.

Dalam diskusi online tersebut, salah satu netizen asal korea menyebutkan bahwa, BTS pada awal debut tidak terlalu terkenal di korea. Namun hal tersebut bukanlah hal yang aneh jika BTS dulu tidak terlalu terkenal, karena pada saat itu BTS belum mempunyai lagu hits yang sangat terkenal, katakanlah seperti lagu Growl milik EXO yang saat itu sedang hits. Dan memang lagu debut BTS tidak bisa langsung ngehits seperti grup-grup rookie yang sekarang, seperti Blackpink, Twice, KARD.

Bukan berarti BTS tidak mempunyai penggemar korea pada saat itu. BTS sendiri tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk membuat fandom resmi bernama ARMY yang dibentuk sebulan setelah debut resmi BTS, yang artinya BTS juga tetap dikenal oleh penggemar Korea. Bahkan setengah tahun sebelum debut, mereka telah aktif di media sosial seperti, twitter, vlogger, dan fancafe. Keunikan BTS pada saat itu, bahwa mereka mempunyai fans internasional yang kuat. Pada saat itu komunitas di internet banyak yang membicarakan BTS,
A: Ada grup namanya BTS.
B: Aku baru dengar.
A: Tapi mereka sudah dikenal internasional lho.
B: Kok bisa? Bahkan aku belum pernah dengar lagunya.
A: (Menunjukkan video Kcon LA 2014 ke si B).
B: What? Lagu rap (hip-hop) yang tampil di Amerika ini ditampilkan oleh grup Korea?

Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa fans internasional tampak lebih banyak memberikan reaksi secara aktif dan bisa benar-benar menyukai lagu BTS. Hanya karena BTS tampil di Kcon LA dengan menampilkan lagu hip-hop, fans intenasional langsung membuat opini publik terhadap BTS. Bahkan non k-popers juga berpeluang membentuk opini publik pada BTS, salah satunya melalui Youtuber Reaction (video di Youtube yang menunjukkan reaksi seseorang ketika menonton sebuah video), yang kebanyakan dibuat oleh orang Amerika.Tapi bukan berarti untuk menjadi terkenal secara internasional BTS harus selalu tampil di acara-acara Amarika seperti MTV dan Ellen Show. Tanggapan terakhir si B juga menunjukkan bahwa fans internasional memang menyukai musik hip-hop yang memang ngetren di luar negeri, sehingga mereka terseret untuk menyukai BTS pula. Sehingga selera musik juga mempengaruhi orang untuk memutuskan menyukai BTS atau tidak.

Netizen lain mengakui kemampuan musik BTS, dan dia sempat heran karena ia belum pernah melihat BTS di acara variety. BTS sejak awal debut memang menggunakan media sosial untuk promosi grup. Mereka membuat channel youtube (Bangtan TV) dan twitter yang memuat tentang aktivitas musik maupun aktivitas harian mereka. Dengan demikian mereka dapat memperkenalkan grup kepada masyarakat. Well, nampaknya saat itu nama dan eksistensi perusahaan masih menjadi faktor besar dalam mempengaruhi popularitas grup, mengingat BTS berada di bawah agensi kecil. Jadi wajar saja jika BTS membutuhkan waktu lumayan lama untuk menjadi sangat terkenal seperti sekarang.

Netizen juga berpendapat, bahwa terdapat perbedaan antara fans internasional dan fans korea. Fans internasional lebih terbuka untuk menjadi multi fandom, artinya mereka juga akan menjadi fans dari grup selain BTS. Secara umum, mereka menyebut diri mereka sebagai K-popers. Sementara seorang k-poper akan akan mengikuti musik dan promosi berbagai grup, tidak hanya memantau satu grup, sehingga mereka menikmati banyak grup dan mengikuti setiap update berbagai grup.

Sedangkan di Korea sendiri jarang melihat multi fandom. Mereka cenderung menjadi one fandom, lebih intens terhadap satu grup, dan kompetitif terhadap fandom lain. Bagi penggemar korea, menjadi seorang fandom berarti dia akan memberi dukungan secara total pada grup idolnya. Mereka menghadiri acara musik grup idol, menghadiri fanmeet, menghadiri fansign, menonton promosi, menonton konser, membeli album, membeli marchandise grup idol.

Netizen korea juga memberi gambaran fenomena diantara kalangan fans korea. Ketika seorang fan menjadi penggemar dua grup sekaligus, misalkan menjadi ARMY (fandom BTS) dan menjadi iGOT7 (fandom GOT7). Saat kebetulan kedua grup tersebut menghadiri acara musik di waktu yang sama, dan fans korea mengetahui bahwa orang itu menjadi stan untuk dua grup itu, maka fans korea tidak akan membiarkan orang itu untuk bergabung dengan fandom untuk nonton acara bersama-sama. Mereka berpikir bahwa hal itu akan menyebabkan masalah untuk fandom, kemudian mengeluarkan orang itu dari fandom. Tapi mungkin juga ada beberapa k-fans yang memiliki pikiran terbuka, that become a multifandom is not that bad.

BTS pada awal debut mengusung konsep ‘anak muda’ dengan musik hip-hop. Bahkan penampilan mereka di awal debut memang terlihat sangat gaya ABG dan anak sekolah, tak tanggung-tanggung sampai mengenakan kostum sekolah di salah satu video musiknya (Boy in Luv, Just One Day). Netizen berkomentar bahwa konsep tersebut dapat menjaring penggemar dengan usia remaja, namun tidak dengan usia dewasa. Salah satu netizen mengaku menyukai BTS, tapi orang-orang di sekitarnya tidak ada yang membicarakan BTS. Dia beranggapan karena ia berada di lingkungan yang banyak orang dewasanya.

Netizen lain juga mengaku, jika dia mengenal BTS antara tahun 2013-2014 (2 Cool 4 Skool, Dark  Wild), dia tidak akan terlalu menyukai BTS. Dia berharap bahwa BTS bisa berubah ke image dewasa sehingga dapat menarik penggemar lebih banyak. Hal ini menunjukkan, bahwa netizen tersebut mulai mengenal BTS sejak tahun 2015, yang mana BTS mulai mendebutkan album HYYH series and BTS’ popularity increase as well. HYYH (Hwayangyeonhwa/ The Most Beautiful Moment in Life) series terdiri dari album mini HYYH 1, HYYH 2, dan Young Forever. Dan lagu ‘I Need You’ (dalam HYYH 1) meraih tropi kemenangan pertama BTS atas keberhasilan memuncaki chart di program musik SBS MTV The Show setelah dua tahun debut.

Salah seorang netizen menuturkan, bahwa ARMY Amerika percaya diri dengan dirinya yang menjadi penggemar BTS, dan fandom mereka juga terkenal. BTS juga sudah terkenal sebelum lagu ‘I Need You’, sehingga lagu-lagu setelah INU pun mudah diterima di Amerika, bahkan lagu ‘Dope’ dan ‘Fire’ lebih terkenal di Amerika. Hal ini mungkin disebabkan oleh lagu ‘Dope’ yang berhasil menembus chart Billboard 200.

Beberapa netizen juga menyinggung skill Suga yang Agustus 2016 lalu merilis mixtape-nya atas nama ‘Agust D’ (Mas Agus si Anak Daegu… wkwk). Netizen tersebut mengaku, bahwa mereka menyukai mixtape Suga. Mereka beranggapan, mungkin ada orang yang mendengarkan mitape Suga dan menyukainya, tapi mereka tidak mendengarkan lagu BTS. Karena Suga tidak mempunyai fandom sendiri, mau tidak mau orang itu masuk ke fandom BTS, ARMY.

Anggota lain, V yang baru-baru ini debut sebagai aktor di drama Hwarang: The Begin juga dapat menambah popularitas BTS. Netizen menganggap pecinta drama non k-pop bisa saja tertarik pada V, kemudian mereka akan terseret untuk mencari biodata V, yang akhirnya mereka mengenal BTS dan berpotensi masuk ke fandom.

Sekarang kepopuleran BTS secara internasional semakin besar, dibuktikan dengan prestasi yang beberapa kali menembus chart Billboard dan chart iTunes yang merupakan chart lagu dunia. Serta menjadi grup Korea pertama yang berhasil menjadi nominasi untuk kategori Top Social Artist di acara Billboard Music Award di Las Vegas 21 Mei 207 mendatang dan telah dikonfirmasi akan menghadiri acara tersebut. Bahkan saat ini BTS mendominasi twitter Billboard (Billboard’s Twitter Top Tracks Chart). Tidak heran jika saat ini ARMY is all around the world and BTS’ popularity is boom like crazy.

I like BTS’ musics, sebagaimana yang pernah di-mantion oleh Charlie Puth.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini